Publication
JENIS PENGELASAN
Yang Sering Dipakai Di Industri Perkapalan
Hai sobat #maritim di seluruh Pelabuhan Indonesia
Pada tau belum sih, pekerjaan apa saja yang dilaksanakan di Galangan Kapal??
Naah.. kali ini mimin mau kasih informasi tentang pekerjaan pengelasan pada kapal,
ada 6 jenis pengelasan yang dipakai di industri perkapalan, untuk lebih jelas nya yuk simak informasi selengkapnya diatas yaa..
Jangan lupa slide sampai ujung yaaa.....
PROSES PEKERJAAN FITTING PIPA
Hai sobat #maritim di seluruh Pelabuhan Indonesia
Pada tau belum sih, pekerjaan apa saja yang dilaksanakan di Galangan Kapal??
Naah.. kali ini mimin mau kasih informasi salah satu jenis pekerjaan yang dilaksanakan
di Galangan JPPI yaitu “FITTING PIPA”, untuk lebih jelas nya yuk simak informasi selengkapnya diatas yaa..
Jangan lupa slide sampai ujung yaaa.....
WASPADA VIRUS CACAR MONYET
Hai sobat #maritim di seluruh Pelabuhan Indonesia
Yuuk bersama-sama meningkatkan kewaspadaan terhadap virus Mpox (Monkeypox). Mpox atau dikenal dengan cacar monyet
adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang dapat menular dari hewan ke manusia atau dari manusia ke manusia.
Bagaimana cara penularan virus Mpox?
Bagaimana gejala virus Mpok?
Bagaimana cara Pencegahan virus Mpox?
Simak informasi selengkapnya disamping yaaa...
MENGENAL PROSES REPLATING KAPAL
Hai sobat #maritim di seluruh Pelabuhan Indonesia
Pada tau belum sih, pekerjaan apa saja yang dilaksanakan di Galangan Kapal??
Naah.. kali ini mimin mau kasih informasi salah satu jenis pekerjaan yang dilaksanakan di Galangan Kapal yaitu “REPLATING” pada Kapal, untuk lebih jelas nya yuk simak informasi selengkapnya diatas yaa..
Jangan lupa slide sampai ujung yaaa.....
MENGAPA INDUSTRI GALANGAN PENTING
DI INDONESIA ?
Hai sobat #maritim di seluruh Pelabuhan Indonesia
Tau kah kamu apa itu Industri Galangan Kapal?
Yuk….kepoin sampai slide terakhir yaaa, dijamin nambah wawasan
TOLAK PENYUAPAN & GRATIFIKASI
Dalam rangka komitmen PT. JPPI terhadap penerapan ISO SMAP 37001:2016, yakni dengan menerapkan Prinsip 4 No's :
- No Bribery
- No Kickback
- No Gift
- No Luxurious Hospitality
KOMITMENT ANTI GRATIFIKASI DAN ANTI PENYUAPAN
PT JASA PERALATAN PELABUHAN INDONESIA
SEBERAPA BAHAGIAKAH KAMU DITEMPAT KERJA?
Kebahagian dalam berkerja merupakan suatu mindset yang memungkinkan kita untuk meningkatkan performa dan mencapai potensi yang dimiliki.
Bahagia saat berkerja membuat kita lebih termotivasi dan percaya diri dengan pekerjaan yang dilakukan, ketika kita bahagia dalam berkerja maka akan ada manfaat yang akan diraih, yaitu menjadi lebih kreatif dalam berkerja, mencapai goals dengan cepat, memiliki interaksi positif dengan rekan kerja, dapat mencapai kesuksesan, dan yang utama adalah menjadi individu yang lebih sehat.
Jadi sobat #equpimin bagaimana sih mencapai kebahagiaan dalam bekerja itu? Menurut Jessica Pryce-Jones dalam bukunya Happiness at Work menjabarkan ada lima hal (5C) yang berperan terhadap kebahagiaan dalam bekerja, yaitu:
1. Contribution (Kontribusi). Jika ingin mengembangkan kebahagiaan tersebut, maka mulailah dengan berfokus pada hal-hal yang dapat dilakukan dan tetapkan tujuan yang ingin diraih. Tetapkanlah tujuan yang selaras
...
dengan kemampuan, minat, serta nilai-nilai yang kita miliki. Jika tujuan tersebut sejalan dengan minat dan keinginan, maka akan memberikan efek bahagia bagi diri.
2. Conviction (Keyakinan). Keyakinan merupakan penggerak yang membuat kita termotivasi saat bekerja. Dengan keyakinan, kita percaya bahwa diri kita menjadi lebih efektif dan efisien. Keyakinan ini juga membantu kita untuk merasa tangguh ketika kita berada pada masa yang sulit.
3. Culture (Budaya). Setiap tempat kerja memiliki budaya tersendiri yang akan mengatur jalannya perusahaan, budaya dalam kerja juga menekankan pada siapa saja orang-orang yang terlibat di dalam organisasi, yaitu rekan kerja. Dalam bekerja, ketika kita tidak menyukai rekan kerja, maka akan sulit bagi kita untuk menyukai pekerjaan kita. Bekerja di lingkungan yang kita cintai membuat kita nyaman dalam bekerja sehingga konflik berkurang dan terciptanya kerja sama tim yang baik.
4. Commitment (Komitmen). Rendahnya tingkat kebahagiaan dalam bekerja akan berpengaruh pada rendahnya komitmen. Komitmen terbentuk atas perasaan dan kepercayaan. Titik mulanya adalah kepercayaan bahwa kita mengerjakan sesuatu yang berguna sehingga terbentuklah perasaan. Komitmen dalam bekerja pun muncul dan membuat kita terhubung dengan visi yang dimiliki oleh organisasi.
5. Confidence (Kepercayaan diri). Dengan kepercayaan diri, harapan hari ini akan menjadi kenyataan untuk hari esok, tanpa kepercayaan diri, motivasi tidak akan berubah menjadi suatu aksi. Pada dasarnya, dibutuhkan kepercayaan diri yang optimal sehingga membuat kita dapat bekerja dengan lebih baik dan menyelesaikan tugas yang ada. Dengan demikian, kita pun percaya bahwa diri kita mampu untuk melakukan tugas dan mencapai tujuan yang diinginkan.
Hal termudah yang dapat kita lakukan untuk memulainya adalah self-awareness. Dengan sadar akan situasi kerja, kita memiliki perspektif terhadap situasi sehingga dapat mengatur situasi kerja menjadi lebih baik lagi. Satu hal yang perlu untuk kita ketahui adalah bahwa kita sendirilah yang menentukan seberapa bahagia diri kita. Meskipun pekerjaan tidak dapat membuat kita bahagia, setidaknya kita dapat membuat diri kita bahagia ketika bekerja
Tiga Jenis Alat Bongkar Muat
Pelabuhan menjadi salah satu tempat yang digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan dunia perairan.
Bukan hanya beroperasi untuk mamfasilitasi penyebrangan penumpang dari satu pulau ke pulau lain, pelabuhan juga kerap kali dipenuhi oleh alat bongkar muat yang digunakan untuk memindahkan barang kargo.
Jenis Alat Bongkar Muat Di Pelabuhan
Pelabuhan kerap dipilih sebagai lokasi untuk memindahkan barang berukuran besar sehingga tidak heran jika peralatan bongkar muat yang ada di pelabuhan juga memiliki ukuran yang sangat besar. Diantara banyaknya jenis peralatan pemindahan barang di pelabuhan, berikut ini 3 peralatan yang penting untuk dikenali.
Bahan Bakar Kapal Laut
Kapal laut merupakan salah satu alat transportasi air yang memiliki banyak kegunaan,
baik sebagai kendaraan manusia maupun untuk mengantar barang.
Kapal laut bisa berjalan di atas air dengan menggunakan bahan bakar,
Bahan bakar kapal laut ini adalah sumber tenaga utamanya untuk berjalan.
Bahan bakar pada kapal laut memiliki fungsi sebagai tenaga penggerak mesin.
Dalam hal ini, tahukah kamu bahwa kapal laut memiliki jenis bahan bakar yang berbeda-beda?
Lalu, Apa saja jenis-jenis bahan bakar transportasi ini? berikut rangkuman selengkapnya.
Pengikatan & Pengangkatan
Dalam pekerjaan pada industri Pelabuhan, wire rope dan wire rope clip sangat berperan penting pada sebuah alat, jika terjadi karat, rusak atau putus maka terjadi downtime atau stop produksi yang tentunya sangat merugikan kegiatan operasional Pelabuhan.
Wire rope merupakan sebuah alat yang terbuat dari tali baja yang digunakan untuk mengangkat, menarik dan mengikat agar dapat membantu pekerja mempermudah pekerjaannya, sedangkan Wire rope clip merupakan salah satu alat rigging yang memiliki fungsi untuk mengikat atau menahan tekukan mata pada wire rope dengan tujuan agar tali kawat bisa membentuk wire rope sling.
Jadi pengikatan dan pengangkatan wire rope clip pada wire rope sesuai dengan standar sangat penting ya sobat #equipmin, dan selalu ingat memastikan pengikatan & pengangkatan dalam keadaan layak sangat penting untuk menunjang keselamatan kerja, jadi selalu perhatikan dan ikuti standar yang telah di tentukan ya.
Single Whistleblowing System (WBS)
Melalui portal website Single Whistleblowing System (WBS) PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia (JPPI) terus berkomitmen dalam memperkut penerapan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang baik dan benar (Good Corporate Governance).
Single Whistleblowing System (WBS) merupakan saluran penanganan pelanggaran terkait korupsi, penggelapan, penyuapan, penipuan, pemerasan, benturan kepentingan dan tindakan curang di lingkungan Pelindo Group dengan pengelola salurannya adalah pihak independent yang ditunjuk oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero) guna mengurangi keberpihakan, melindungi pelapor, terlapor dan isi laporan.
Dengan adanya Whistleblowing System yang efektif, diharapkan dapat tercipta lingkungan kerja yang lebih transparan, akuntabel, dan bebas dari praktik-praktik yang tidak etis atau melanggar hukum.
Jika mendapat adanya pelanggaran dan dugaan pelanggaran di atas, segera laporkan melalui Whistleblowing System Pelindo Bersih.
Berani jujur dan disiplin pada diri sendiri.
JENIS KAPAL DOK
Dalam dunia perkapalan banyak istilah Bahasa yang digunakan, salah satu nya adalah kata dok atau docking yang mempunyai arti dimana kondisi sebuah kapal berada di atas dok atau dermaga untuk dilakukan perawatan ataupun perbaiakan, proses docking atau pengedokan sendiri dibantu dengan fasilitas pendukung yang biasa disebut dengan Galangan atau Shipyard. Tujuan dari proses docking tersebut untuk memeriksa, memperbaiki kerusakan, pengecetan badan kapal, dan membersihkan badan kapal yang berasa di bawah garis air.
Di wilayah Indonesia ada beberapa jenis untuk melakukan proses dok atau docking di galangan atauu shipyard yaitu:
1. Slip Way (Landasan Tarik)/ Building Bert Slip way di galangan kapal dapat dibedakan menjadi dua macam:
• Landasan Tarik Memanjang
• Landasan Tarik Melintang
Kedua jenis landasan tersbut pada dasarnya sama, hanya posisi kapal yang ditarik yang berbeda. Slip way dioperasikan dnegan bantuan lori dan mesin penarik (winch).
...
2. Graving Dock (Dok Kolam/ Dok Gali)
Pengoperasian graving dok ini pada umumnya dilakukan untuk kapal dengan kondisi muatan kosong, serta keadaan mesin mati.
3. Floating Dock (Dok Apung)
Pengoperasian untuk dok jenis ini yaitu dengan menenggelamkan dok sesuai dengan kebutuhan dari kapal yang akan direparasi (sesuai dengan sarat kapal yang akan dimasukkan). Setelah itu kapal ditarik masuk ke dalam dok dan diluruskan dengan balok-balok penyangga yang telah disiapkan. Kapal yang telah masuk ke dalam dok diikat agar posisinya tidak bergeser pada saat diangkat. Untuk mengetahui posisi/kemiringan kapal dan dok pada saat diangkat, digunakan sebuah bandul yang digantungkan pada tali. Dok diangkat dengan jalan memompa air yang berada di dalam tangki dok, sampai dok terangkat. Pekerjaan reparasi dilakukan setelah dok beserta kapal terangkat kepermukaan.
Beberapa jenis dok tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing dari beberapa sisi, menurut pada jenis kapal yang akan melakukan dok atau docking juga memiliki kecocokan masing-masing sesuai dengan jenis dok atau docking yang dapat digunakan.
Stop Gratifikasi
Selamat siang sobat #equipmin
Praktik gratifikasi dapat menjadi bentuk korupsi yang merugikan negara dan melanggar etika dan prinsip tata kelola yang baik.
Pemberian gratifikasi kepada pegawai negeri atau pihak terkait dapat berupa uang, barang, fasilitas, perjalanan, penghargaan, atau manfaat lain yang dapat mempengaruhi tindakan atau keputusan yang diambil. Praktik gratifikasi dapat terjadi di berbagai sektor, termasuk sektor publik, swasta, atau lembaga non-pemerintah.
Untuk informasi lebih lanjut terkait Gratifikasi dapat diakses pada link berikut:
https://www.pelindo.co.id/page/manual-gcg
Satukan langkah, Tolak Gratifikasi!
Bersama kita tegakkan integritas dan keadilan.
SOSIALISASI DAN WORKSHOP PENYUSUNAN KPI INDIVIDU MENGGUNAKAN APLIKASI PORTAVERSE
Jakarta, 8 Februari - PT Pelindo Jasa Maritim berkunjung ke kantor PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia untuk mengadakan sosialisasi dan workshop penyusunan KPI Individu dan aplikasi portaverse. Dalam rangka standarisasi pengelolaan kinerja individu di lingkungan SPJM.
KPI (Key Performance Indicator) adalah alat ukur yang menggambarkan efektivitas perusahaan dalam mencapai tujuan bisnisnya untuk mengukur kinerja perusahaan, tidak hanya dari sisi finansial (keuntungan, penjualan atau efisiensi biaya), namun juga ukuran yang lainnya untuk menunjang konsistensi bisnis di masa mendatang. Tentu saja kinerja perusahaan harus dikaitkan dengan pernyataan tujuannya dan strategi bagaimana perusahaan akan mencapai tujuan tersebut. Lebih jauh lagi, Top Management berharap untuk mengukur kontribusi karyawannya dalam mencapai tujuan bersama ini.
...
Nah, kalau kita sudah tahu tujuan perusahaan dan strateginya, lalu apa peranan para karyawan? Tentu karyawan harus mendukung eksekusi strategi perusahaan dan memberikan kontribusi kepada pencapaian tujuan perusahaan. Lalu, pertanyaan berikutnya adalah bagaimana caranya? Bahasa keren untuk memastikan kontribusi karyawan adalah alignment atau penyelarasan.
Direktur Keuangan & SDM, Roy Simanjuntak mengatakan pengunaan applikasi portaverse untuk menyelaraskan peran dan mendorong kontribusi karyawan terhadap strategi perusahaan yang disesuaikan dengan KPI Perusahaan untuk Insan Pelindo Organik mulai dari BOD -1, -2, -3.
WASPADA FATIGUE
Fatigue merujuk pada perasaan kelelahan fisik dan mental yang berkepanjangan. Ini adalah kondisi yang umum dan bisa memengaruhi seseorang dalam berbagai cara. Fatigue seringkali lebih dari sekadar rasa lelah biasa yang dapat diatasi dengan istirahat atau tidur yang cukup.
Fatigue dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kurang tidur, stres, penyakit kronis, aktivitas fisik yang berlebihan, gangguan tidur, pola makan yang buruk, dan masalah kesehatan mental seperti depresi atau kecemasan. Beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan fatigue meliputi sindrom kelelahan kronis, anemia, diabetes, penyakit tiroid, dan gangguan tidur seperti sleep apnea.
...
Tanda dan gejala fatigue meliputi kelelahan berkepanjangan atau kronis, kehilangan energi atau motivasi, kesulitan berkonsentrasi, penurunan kinerja fisik atau mental, gangguan tidur, peningkatan iritabilitas, dan gangguan suasana hati. Fatigue yang parah dapat mengganggu kualitas hidup seseorang, mempengaruhi pekerjaan atau pendidikan, dan mengurangi kemampuan untuk menikmati aktivitas sehari-hari.
Penanganan fatigue tergantung pada penyebabnya. Jika fatigue disebabkan oleh kurang tidur atau stres, perubahan gaya hidup seperti peningkatan tidur yang teratur, manajemen stres, dan olahraga dapat membantu. Jika fatigue disebabkan oleh kondisi medis yang mendasari, perlu berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan rekomendasi pengobatan yang sesuai.
Penting untuk memperhatikan dan mengatasi fatigue secara serius, terutama jika gejalanya parah, berkepanjangan, atau mengganggu kehidupan sehari-hari. Jika Anda mengalami fatigue yang berlebihan atau tidak dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup sederhana, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan evaluasi medis yang tepat.
TIPS MENJADI KARYAWAN TERBAIK
1. Kenali tugas dan tanggung jawab Anda: Pahami sepenuhnya tugas dan tanggung jawab Anda di tempat kerja. Ketahui apa yang diharapkan dari Anda dan cari tahu cara terbaik untuk melaksanakan pekerjaan Anda dengan efisien.
2. Tingkatkan keterampilan: Selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda di bidang pekerjaan Anda. Ikuti pelatihan atau kursus yang relevan, baca buku, ikuti seminar, dan tetap terbuka terhadap pembelajaran baru. Semakin berkembang keterampilan Anda, semakin berharga Anda bagi perusahaan.
3. Menjaga profesionalisme: Pertahankan sikap profesional di tempat kerja. Jaga integritas, jangan terlibat dalam gosip atau konflik, dan berkomunikasilah dengan baik dengan rekan kerja dan atasan. Selalu berperilaku sopan, jaga etika kerja yang baik, dan hadir tepat waktu.
...
4. Tanggung jawab dan inisiatif: Ambil tanggung jawab atas pekerjaan Anda dan tunjukkan inisiatif. Jika ada kesempatan untuk berkontribusi lebih atau mengambil peran yang lebih besar, jangan ragu untuk melakukannya. Tunjukkan keinginan Anda untuk belajar dan tumbuh dalam peran Anda.
5. Berkolaborasi dengan tim: Bekerja sama dalam tim sangat penting. Jadilah kolaborator yang baik, dengarkan pendapat orang lain, dan berkontribusilah pada keberhasilan tim. Jadilah anggota tim yang dapat diandalkan dan bersedia membantu rekan kerja jika diperlukan.
6. Berkomunikasi efektif: Komunikasi yang baik adalah kunci untuk menjadi karyawan terbaik. Sampaikan gagasan dan pendapat Anda dengan jelas dan terbuka. Dengarkan dengan baik dan jangan takut untuk bertanya jika ada yang tidak Anda pahami. Jaga komunikasi terbuka dengan atasan dan rekan kerja.
7. Peka terhadap masalah: Identifikasi masalah atau tantangan yang ada di tempat kerja dan cari solusi yang efektif. Jangan hanya mengeluh tentang masalah, tetapi cobalah untuk memberikan kontribusi dalam menyelesaikannya. Tunjukkan sikap proaktif dalam menangani masalah.
8. Berikan yang terbaik: Tetapkan standar tinggi untuk diri sendiri dan berikan yang terbaik dalam setiap tugas yang Anda kerjakan. Berikan perhatian terhadap detail, berikan hasil yang berkualitas, dan jangan takut untuk melampaui harapan.
9. Kelola waktu dengan baik: Manajemen waktu yang baik adalah kunci untuk menjadi produktif. Prioritaskan tugas, atur jadwal dengan baik, dan hindari menunda-nunda pekerjaan. Jaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan Anda.
10. Selalu berkomitmen untuk belajar dan berkembang: Teruslah mencari peluang untuk belajar dan berkembang. Tetaplah terbuka terhadap perubahan, adaptasi, dan kemajuan dalam bidang Anda. Berusaha untuk menjadi versi terbaik dari diri sendiri dan terus tingkatkan diri secara pribadi dan profesional.
Dengan menerapkan tips ini, Anda dapat meningkatkan peluang menjadi karyawan terbaik di tempat kerja Anda. Namun, ingatlah bahwa menjadi karyawan terbaik juga melibatkan komitmen, ketekunan, dan konsistensi dalam kinerja Anda.
Patuhi Prosedur K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)
Tujuan:
Prosedur ini bertujuan untuk memastikan keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja dengan mengidentifikasi, mencegah, dan mengurangi risiko kecelakaan, cedera, dan penyakit yang terkait dengan pekerjaan.
Langkah-langkah:
Identifikasi Risiko:
a. Lakukan evaluasi risiko untuk mengidentifikasi potensi bahaya di tempat kerja.
b. Catat semua bahaya yang teridentifikasi dan lokasi di mana mereka muncul.
c. Tetapkan tingkat risiko untuk setiap bahaya yang diidentifikasi.
Pengendalian Risiko:
a. Tetapkan tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mengurangi risiko.
b. Pastikan peralatan kerja, instrumen, dan fasilitas tersedia dan dalam kondisi baik.
c. Tetapkan prosedur operasional yang aman untuk setiap tugas.
d. Tetapkan prosedur darurat untuk mengatasi kecelakaan atau insiden kesehatan yang mungkin terjadi.
e. Lakukan pelatihan K3 kepada seluruh karyawan untuk memastikan pemahaman yang tepat tentang prosedur keselamatan....
Pelaporan Insiden:
a. Tetapkan prosedur pelaporan insiden kepada semua karyawan.
b. Ajukan laporan insiden dan cedera kerja sesegera mungkin kepada manajemen.
c. Investigasi setiap insiden untuk menentukan penyebabnya dan mengambil langkah-langkah korektif yang sesuai.
Pengawasan dan Pemantauan:
a. Lakukan inspeksi rutin di tempat kerja untuk memastikan kepatuhan terhadap prosedur K3.
b. Identifikasi masalah potensial dan segera ambil tindakan perbaikan.
c. Revisi dan perbarui prosedur K3 secara berkala untuk mencerminkan perubahan kondisi kerja atau peraturan terkait.
Partisipasi Karyawan:
a. Libatkan karyawan dalam proses pengembangan dan implementasi prosedur K3.
b. Fasilitasi komunikasi dua arah antara manajemen dan karyawan tentang masalah K3.
c. Dorong karyawan untuk melaporkan setiap masalah atau perhatian K3 kepada manajemen.
Perencanaan Krisis:
a. Tetapkan rencana tindakan dalam situasi darurat atau krisis.
b. Latih karyawan dalam pelaksanaan rencana tindakan darurat.
c. Pastikan keberadaan peralatan darurat, seperti pemadam kebakaran dan peralatan medis, serta pemeliharaan yang rutin.
Audit K3:
a. Lakukan audit berkala untuk mengevaluasi efektivitas prosedur K3.
b. Identifikasi
KEBIJAKAN MUTU & K3
KEBIJAKAN MUTU & K3
PERUBAHAN LOGO BARU
Halo sobat equipmin BerAKHLAK, Perkenalkan logo baru PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia. Logo perusahaan menguatkan identitas sebagai bagian dari BUMN PT Pelabuhan Indonesia (Persero). Pergantian tersebut berlaku efektif sejak 27 April 2022, dalam koordinasi Subholding PT Pelindo Jasa Maritim.
PELINDO BERSIH
PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia sebagai bagian dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) terus berkomitmen untuk menetapkan proses binis yang bebas dari segala bentuk kecurangan. Jika menemukan pelanggaran anda dapat melaporkan melalui layanan pengaduan Independen.
Link Pengaduan
- Website : www.pelindobersih.whistleblowing.link
- Telp +62 21 2782 2345
- Fax +62 21 2782 3456
- Whatsapp +62 811 933 2345
- Email : Pelindobersih@whistleblowing.link
- PO Box : Pelindo Bersih. PO Box 1074.JKS 12010